Barcelona Mendapatkan Kritik Terkait Spekulasi Ernesto Valverde

Barcelona Mendapatkan Kritik Terkait Spekulasi Ernesto Valverde
Barcelona's Spanish coach Ernesto Valverde speaks to his players during the Spanish Super Cup semi final between Barcelona and Atletico Madrid on January 9, 2020, at the King Abdullah Sport City in the Saudi Arabian port city of Jeddah. - The winner will face Real Madrid in the final on January 12. (Photo by Giuseppe CACACE / AFP) (Photo by GIUSEPPE CACACE/AFP via Getty Images)

Barcelona sudah sering mendapatkan sorotan negatif dalam beberapa waktu terakhir. Klub yang bermarkas di Camp Nou itu tidak dapat menunjukkan perforam yang konsisten dalam beberapa waktu terakhir. Meskipun menjadi juara La Liga dalam dua musim beruntun, kinerja pelatih utama mereka tetap dikritik.

Barcelona sudah beberapa kali mendapatkan sorotan terkait spekulasi mengenai masa depan Ernesto Valverde. Pelatih asal Spanyol itu sering mendapatkan kritik terkait kinerjanya di Camp Nou. Kegagalan dalam kompetisi Liga Champions dalam dua musim secara beruntun membuat terdapat desakan tinggi bagi manajemen klub itu untuk menggantikan Valverde.

Spekulasi tersebut sudah berlangsung sepanjang musim 2019/20. Terdapat peningkatan tekanan kepada Valverde setelah Azulgrana mendapatkan kegagalan dalam kompetisi Piala Super Spanyol 2020. Barca tersingkir pada babak semifinal oleh Atletico Madrid. Pertandingan di Arab Saudi dimenangkan dengan skor 3-2 oleh Los Rojiblancos.

Kegagalan tersebut membuat Valverde dianggap akan segera dipecat. Terdapat berbagai nama yang dikabarkan masuk dalam incaran Barca. Ronald Koeman, pelatih utama Timnas Belanda, sudah beberapa kali dikaitkan. Namun mantan manajer Everton itu masih memiliki komitmen dengan negaranya dan hanya akan siap membicarakan kemungkinan melatih Azulgrana setelah Euro 2020.

Selain itu terdapat Mauricio Pochettino yang masih menganggur setelah dipecat oleh Tottenham Hotspur. Namun pelatih asal Argentina itu sudah pernah menutup kemungkinan untuk melatih Barca karena pernah bermain dan melatih Espanyol. Sementara nama lain yang dikabarkan masuk dalam pertimbangkan Barca adalah mantan pemain mereka, Xavi.

Xavi sudah mulai menjalani karier kepelatihannya di Qatar dengan Al Sadd. Beberapa kabar menyatakan bahwa Xavi memiliki minat untuk menjadi pelatih Barca, namun hanya siap untuk membicarakan kemungkinan tersebut pada akhir musim 2019/20.

Keadaan ini membuat Barca mendapatkan sorotan negatif terkait sikap yang mereka tunjukkan kepada Ernesto Valverde. Hal ini juga membuat mereka mendapatkan kritik dari legenda mereka, Andres Iniesta.

“Sikap yang ditunjukkan oleh Barca mengecewakan. Rasa hormat harus ditunjukkan kepada setiap pelatih yang ada di dalam klub. Hal yang terjadi saat ini dapat memberikan dampak negatif terhadap banyak pihak,” ujar Andres Iniesta dalam pernyataan yang dikutip dari Goal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*