Manchester City: Phil Foden Diklaim Perlu Segera Hengkang

Manchester City: Phil Foden Diklaim Perlu Segera Hengkang
Manchester City's English midfielder Phil Foden reacts during the UEFA Champions League football Group C match between Manchester City and Shakhtar Donetsk at the Etihad Stadium in Manchester, north west England on November 26, 2019. (Photo by Oli SCARFF / AFP) (Photo by OLI SCARFF/AFP via Getty Images)

Manchester City sudah sering mendapatkan sorotan mengenai penggunaan pemain akademi mereka. Phil Foden menjadi pemain yang paling sering mendapatkan sorotan dalam beberapa waktu terakhir. Pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu mengalami kesulitan mendapatkan waktu bermain yang rutin.

Manchester City mendapatkan sorotan tinggi terkait penggunaan pemain muda mereka karena kehadiran Pep Guardiola sebagai manajer. Manajer asal Spanyol itu memiliki reputasi positif terkait penggunaan pemain-pemain muda. Namun kebijakan itu hanya sering diterapkan oleh Guardiola ketika ia masih melatih di Barcelona pada 2008 hingga 2012.

Pengetahuan mendalam yang dimiliki oleh Guardiola terhadap filosofi permainan Barca dan pemain-pemain akademi memudahkannya untuk menerapkan kebijakan itu. Sementara frekuensi penggunaan pemain muda di Bayern Munich dan Man City menurun karena meningkatnya ekspektasi untuk meraih kesuksesan dalam jangka pendek.

Keadaan ini mendapatkan sorotan tinggi ketika Man City gagal mempertahankan Jadon Sancho. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap itu hengkang ke Borussia Dortmund pada 2017. Dua tahun kemudian, Sancho sering dikaitkan untuk kembali ke Inggris dengan nilai transfer yang sangat tinggi untuk pemain berusia 19 tahun.

Nasib yang sama berpotensi dirasakan oleh Phil Foden. Pemain berusia 19 tahun itu disarankan untuk meninggalkan Etihad Stadium dalam waktu dekat. Foden dianggap perlu meninggalkan City agar dapat meningkatkan potensi tinggi yang dimiliki dalam kariernya.

“Phil Foden akan dihadapkan dengan keputusan yang besar pada akhir musim ini. Setiap pemain sepak bola akan merasakan momen ketika mereka memikirkan kebutuhan untuk mendapat waktu bermain yang lebih tinggi. Anggapan bahwa apabila Phil Foden bermain secara rutin, maka ia pantas masuk dalam skuat senior Timnas Inggris adalah sesuatu yang wajar.”

“Ada ancaman karena minimnya waktu bermain dapat menghambat kariernya. Tentu Foden sedang belajar dari pemain-pemain yang luar biasa, ia selalu berjuang, memanfaatkan kesempatan ketika diberikan kepadanya. Tetapi Foden sudah berada dalam tahap di mana ia perlu bermain secara konsisten untuk meningkatkan kemampuannya,” ujar mantan pemain Man City dan Chelsea, Shaun Wright-Phillips, dalam pernyataan yang dikutip dari Daily Mirror.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*