Pebalap Indonesia Afridza Munandar Meninggal Dunia di Sirkuit Sepang Malaysia

Afridza Munandar

Berita duka datang dari dunia balap motor Indonesia seiring dengan wafatnya Afridza Munandar pada Sabtu (2/11/2019).

Seperti dilansir dari laman resmi MotoGP, Afridza Munandar dinyatakan meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan saat menjalani balapan Asia Talent Cup 2019 di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia.

Afridza terlibat insiden yang berujung maut setelah kehilangan kendali terhadap motornya di tikungan 10 lap pertama race 1.

Bendera merah alias red flag sebagai tanda balapan dihentikan pun segera dikibarkan marshall.

Padahal, race 1 Asia Talent Cup 2019 semula dijadwalkan berlangsung selama 13 lap.

Pertolongan pertama langsung diberikan oleh tim medis sebelum akhirnya Afridza dibawa ke rumah sakit di Kuala Lumpur untuk mendapatkan perawatan lanjutan.

Akan tetapi, upaya terbaik dari staf medis baik di sirkuit maupun rumah sakit tak cukup untuk menyelamatkan nyawa Afridza. Pemuda berusia 20 tahun itu dinyatakan meninggal dunia.

Afridza Munandar adalah salah satu pembalap yang paling menonjol pada Asia Talent Cup 2019.

Sebelum meninggal, dia sudah meraih dua kemenangan, dua kali finis sebagai runner-up, dan dua kali finis ketiga.

Alhasil, Afridza berada di peringkat ketiga dengan mengoleksi total 142 poin atau terpaut 27 poin dari pemuncak klasemen, Takuma Matsuyama dari Jepang.

Insiden yang merenggut nyawa Afridza Munandar menambah catatan merah Sirkuit Internasional Sepang setelah pada tahun 2011 juga menelan korban jiwa.Saat itu, sirkuit sepanjang 5,5 kilometer tersebut menjadi lokasi meninggalnya pembalap MotoGP, Marco Simoncelli, usai bersinggungan dengan Valentino Rossi dan Colin Edwards.

Sebagai buntut dari insiden tersebut, sesi balapan yang digelar hari ini, Minggu (3/11) pun dibatalkan.

Melalui unggahannya di akun Twitter, pihak MotoGP pun memberikan pernyataan resmi bahwa Afridza menghembuskan napas terakhir di rumah sakit.

Berpulangnya Afridza jelas meninggalkan duka yang mendalam bagi dunia balap motor pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*