Sadio Mane Balas Komentar Pep Guardiola Terkait Diving

Sadio Mane
BIRMINGHAM, ENGLAND - NOVEMBER 02: Sadio Mane of Liverpool during the Premier League match between Aston Villa and Liverpool FC at Villa Park on November 2, 2019 in Birmingham, United Kingdom. (Photo by Marc Atkins/Getty Images)

Sadio Mane mendapatkan sorotan dalam beberapa waktu terakhir tidak hanya karena performanya dengan Liverpool. Pemain yang berposisi sebagai penyerang itu disebut kerap melakukan diving oleh manajer Manchester City, Pep Guardiola. Komentar itu memanaskan suasana jelang laga Liverpool vs Manchester City di Anfield pada Minggu (10/11).

Sadio Mane sudah menjadi pemain kunci bagi Liverpool sejak didatangkan dari Southampton pada 2016. Mane menjadi salah satu pemain utama di lini depan timnya, bersama dengan Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Kemampuannya mengisi posisi penyerang sayap maupun tengah membuat pemain dengan nomor punggung 10 itu menjadi aset berharga yang sulit digantikan di dalam timnya.

Walau demikian, Mane tetap tidak luput dari sorotan manajer rival utama timnya, Pep Guardiola. Guardiola mengatakan bahwa Mane kadang melakukan diving setelah The Reds meraih kemenangan dengan skor 2-1 atas Aston Villa di Villa Park. Pada pertandingan itu Mane menjadi penentu kemenangan timnya dengan mencetak gol kedua pada menit akhir pertandingan.

Komentar yang disampaikan oleh Guardiola juga sudah dibalas oleh manajer Liverpool, Jurgen Klopp. Klopp mengatakan bahwa Guardiola sering mengomentari keadaan tim lain. Sementara Guardiola juga sudah menyampaikan klarifikasi bahwa ia tidak bermaksud untuk menyampaikan kritik kepada performa Mane di dalam lapangan.

Namun hal ini tetap mendapatkan sorotan yang tinggi. Mane juga ikut menyampaikan balasan. Pemain asal Senegal itu menegaskan bahwa ia tidak akan mengubah gaya permainannya, dan juga bercanda bahwa ia akan melakukan diving apabila dapat memberikan keuntungan bagi timnya di dalam kotak penalti. Mane sudah berperan untuk mendapatkan penalti bagi timnya dalam pertandingan Premier League dengan Leicester City dan Tottenham Hotspur musim ini.

“Apabila dapat memberikan penalti, maka tentu saya akan kembali melakukan diving. Apabila diving dapat memberikan keputusan penalti maka saya akan melakukannya lagi. Kenapa tidak? Apa yang dikatakan oleh Jurgen (Klopp) benar. Saya tidak melakukan diving. Apabila saya mendapatkan penalti, maka keputusan yang diberikan memang seperti itu. Apabila tidak, ya keputusannya harus diterima, tetapi saya tidak akan mengubah gaya permainan saya.”

“Saya rasa komentar dari Pep Guardiola cerdik, dilakukan untuk menarik fokus wasit tetapi saya akan tetap melakukan hal yang sama saat sedang bertanding. Saya tidak terlalu memerhatikan hal seperti ini karena ini adalah bagian dari sepak bola. Tetapi saya memandang komentar Guardiola sebagai sesuatu yang positif,” ujar Sadio Mane seperti dikutip dari Telegraph.

Pada pertandingan kontra Aston Villa, Mane mendapatkan kartu kuning karena dianggap melakukan diving. Namun pemain berusia 27 tahun itu merasa yakin bahwa terdapat kontak di dalam kotak penalti Villa yang membuatnya terjatuh.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*